Jumat, 23 Oktober 2015

POTENSIAL ELEKTRODA STANDAR

Potensial elektroda adalah potensial listrik yang dihasilkan oleh suatu elektroda jika dibandingkan dengan elektroda Hidrogen. Potensial elektroda diberi lambang E. Apabila pengukuran dilakukan pada suhu 250 C , tekanan 1 atm  dan konsentrasi 1M, maka disebut sebagai potensial elektroda standat ( E0).
Untuk membandingkan kecenderungan suatu logam mengalami oksidasi atau reduksi tidak bisa diukur secara langsung namun digunakan elektroda pembanding, yaitu Hidrogen. Elektroda yang lebih mudah mengalami reduksi dibanding hidrogen mempunyai nila E0 = positif, sedangkan elektroda yang lebih sukar mengalami reduksi mempunyai nilai E0  = negatif. Berdasarkan pengukuran potensial elektroda maka disusunlah  deret volta.

Li–K–Ba–Ca–Na–Mg–Al–Mn–H2O–Zn–Cr–Fe–Co–Ni–Sn–Pb– –Cu–Hg–Ag–Pt–Au
<----------------------------------------------------------------------------       ---------------------->
E0 = negatif                                                                        E0 = nol           E0 = positif    
 
Logam mempunyai kemampuan yang berbeda dalam melepaskan elektron, seperti pada contoh rangkaian sel volta diatas, elektron mengalir dari Zn ke Cu, bukan sebaliknya. Hal tersebut menunjukkan bahwa meskipun keduanya adalah logam namun Zn lebih mudah melepaskan elektron dari Cu. Perbedaan kecenderungan teroksidasi menghasilkan perbedaan rapatan muatan antara Zn dan Cu, perbedaan rapatan menyebabkan perbedaan potensial listrik antara Zn dan Cu sehingga elektron mengalir. Selisih potensial dinamakan Potensial Sel diberi lambang E0 sel

Potensial Sel ditentukan dengan cara mengukur potensial listrik yang timbul karena penggabungan dua setengah selnya. Pengukuran dilakukan menggunakan voltmeter. Potensial sel dihitung menggunakan persamaan sbb :


E0 sel = E0 reduksi - E0 oksidasi
bisa diingat dengan mudah E0 sel = E0 red-oks
Note :      Reaksi dapat berlangsung jika E0 sel mempunyai harga positif ( > 0)
                Reaksi tidak dapat berlangsung jika E0 sel mempunyai harga negatf ( < 0)

0 komentar:

Posting Komentar